blog poenja atha

Apaan sih April Mop?

Posted on: Maret 20, 2007

Biasanya orang akan menjawab bahwa April Mop, yang hanya berlaku pada tanggal 1 April, adalah hari di mana kita boleh dan sah-sah saja menipu teman, orang tua, saudara, atau sejenisnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya sang target, jika sudah sadar kena April Mop, maka dirinya juga akan tertawa atau minimal mengumpat sebal, tentu saja bukan marah sungguhan.

Walaupun belum sepopuler perayaan tahun baru atau Valentine’s  Day, budaya April Mop dalam dua dekade terakhir memperlihatkan kecenderungan yang makin akrab di masyarakat perkotaan kita. Bukan mustahil pula, ke depan juga akan meluas ke masyarakat yang tinggal di pedesaan. Ironisnya, masyarakat dengan mudah meniru kebudayaan Barat ini tanpa mengkritisinya terlebih dahulu, apakah budaya itu baik atau tidak, bermanfaat atau sebaliknya.

Tahukah anda, bahwa perayaan April Mop yang selalu diakhiri  dengan kegembiraan dan kepuasan itu, sesungguhnya berawal dari suatu tragedi besar yang sangat menyedihkan dan memilukan??? April Mop, atau The April’s Fool Day, berawal dari satu  episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487, atau bertepatan dengan 892 H. Sejak dibebaskan Islam pada abad ke- 8M oleh Panglima Thariq  bin Ziyad, Spanyol berangsur-angsur tumbuh menjadi satu negeri yang  makmur.

Pasukan Islam tidak saja berhenti di Spanyol, namun terus melakukan pembebasan di negeri-negeri sekitar menuju Perancis. Perancis Selatan dengan mudah dibebaskan. Kota Carcassone, Nimes, Bordeaux, Lyon, Poitou, Tours, dan sebagainya jatuh.

Walaupun sangat kuat, pasukan Islam masih memberikan toleransi kepada suku Got dan Navaro di daerah sebelah Barat yang berupa pegunungan. Islam telah menerangi Spanyol. Karena sikap para penguasa Islam yang begitu baik dan rendah  hati, banyak orang-orang Spanyol yang kemudian dengan tulus dan ikhlas memeluk Islam. Muslim Spanyol bukan saja beragama Islam, namun sungguh-sungguh mempraktikkan kehidupan secara Islami. Tidak saja membaca Al-Qur’an, namun bertingkah laku berdasarkan Al-Qur’an.

Mereka selalu berkata tidak untuk musik, bir, pergaulan bebas, dan segala hal yang dilarang Islam. Keadaan tenteram seperti itu berlangsung hampir enam abad lamanya. Selama itu pula kaum
kafir yang masih ada di sekeliling Spanyol tanpa kenal lelah terus berupaya membersihkan Islam dari Spanyol, namun selalu gagal. Maka dikirimlah sejumlah mata-mata untuk mempelajari kelemahan umat Islam Spanyol.

Akhirnya mereka menemukan cara untuk menaklukkan Islam, yakni dengan pertama-tama melemahkan iman mereka melalui jalan serangan pemikiran dan budaya. Maka mulailah secara diam-diam mereka mengirimkan alkohol dan rokok secara gratis ke dalam wilayah Spanyol. Musik diperdengarkan untuk membujuk kaum mudanya agar lebih suka bernyanyi dan menari daripada membaca Al Qur’an. Mereka juga mengirimkan sejumlah ulama palsu untuk meniup-niupkan perpecahan ke dalam tubuh umat Islam Spanyol.Lama-kelamaan upaya ini membuahkan hasil. Akhirnya Spanyol jatuh dan bisa dikuasai Pasukan Salib .

Penyerangan oleh pasukan Salib benar-benar dilakukan dengan kejam tanpa mengenal peri kemanusiaan. Tidak hanya pasukan Islam yang dibantai, tetapi juga penduduk sipil, wanita, anak-anak kecil, orang-orang tua. Satu-persatu daerah di Spanyol jatuh.

Granada adalah daerah terakhir yang ditaklukkan. Penduduk-penduduk Islam di Spanyol (juga disebut orang Moor) terpaksa berlindung di dalam rumah untuk menyelamatkan diri. Tentara-tentara Salib terus mengejar mereka. Ketika jalan-jalan sudah sepi, tinggal menyisakan ribuan mayat yang bergelimpangan bermandikan genangan darah, tentara Salib mengetahui bahwa banyak muslim
Granada yang masih bersembunyi di rumah-rumah.

Dengan lantang tentara Salib itu meneriakkan pengumuman, bahwa para Muslim Granada bisa keluar dari rumah dengan aman dan diperbolehkan berlayar keluar Spanyol dengan membawa barang-barang keperluan mereka. Orang-orang Islam masih curiga dengan tawaran ini. Namun beberapa dari orang Muslim diperbolehkan melihat sendiri kapal-kapal penumpang yang sudah dipersiapkan di pelabuhan. Setelah benar-benar melihat ada kapal yang sudah disediakan, mereka pun segera bersiap untuk meninggalkan Granadadan berlayar meninggalkan Spanyol.

Keesokan harinya, ribuan penduduk muslim Granada keluar dari rumah-rumah mereka dengan membawa seluruh barang-barang keperluan, beriringan berjalan menuju pelabuhan. Beberapa orang Islam yang tidak mempercayai pasukan Salib, memilih bertahan dan terus bersembunyi di rumah-rumah mereka. Setelah ribuan umat Islam Spanyol berkumpul di pelabuhan, dengan cepat tentara
Salib menggeledah rumah-rumah yang telah ditinggalkan penghuninya.

Lidah api terlihat menjilat-jilat angkasa ketika mereka membakari rumah-rumah tersebut bersama dengan orang-orang Islam yang masih bertahan di dalamnya. Sedang ribuan umat Islam yang tertahan di pelabuhan, hanya bisa terpana ketika tentara Salib juga membakari kapal-kapal yang dikatakan akan mengangkut mereka keluar dari Spanyol. Kapal-kapal itu dengan cepat tenggelam.

Ribuan umat Islam tidak bisa berbuat apa-apa karena sama sekali tidak bersenjata. Mereka juga kebanyakan terdiri dari para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Sedang para tentara Salib telah mengepung mereka dengan pedang terhunus. Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara Salib segara membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Tragedi ini bertepatan dengan tanggal 1 April. Inilah yang kemudian diperingati oleh dunia Kristen setiap tanggal 1 April sebagai April Mop (The April’s Fool Day). Pada tanggal 1 April, orang-orang diperbolehkan menipu dan berbohong kepada orang lain.

Bagi umat Kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara Salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekedar hiburan atau keisengan belaka.

Bagi umat Islam, April Mop tentu merupakan tragedi yang sangat menyedihkan. Hari di mana ribuan saudara-saudaranya seiman disembelih dan dibantai oleh tentara Salib di Granada, Spanyol. Sebab itu, adalah sangat tidak pantas juga ada orang Islam yang ikut-ikutan merayakan tradisi ini.

Siapapun orang Islam yang turut merayakan April Mop, maka ia sesungguhnya tengah merayakan ulang tahun pembunuhan massal ribuan saudara-saudaranya di Granada, Spanyol, 5 abad silam. Wahai saudara-saudariku sesama Muslim, sampai hatikah Anda semua merayakan April Mop sekarang ini, setelah mengetahui apa yang sebenarnya melatarbelakangi perayaan yang diadakan dunia Barat setiap tanggal 1 April itu??? Semoga membuka mata hati kita & Allah SWT akan menjadi saksi bagi kita semua.

*Artikel Ini di ambil dari sebuah Email yang masuk ke Inbox saya pagi ini. 

Iklan

11 Tanggapan to "Apaan sih April Mop?"

Hati-hati dengan Hoax apalagi berbau SARA.
Kalau ribuan umat Islam di dalam rumah dibakar hidup2 dan yang di tepi pantai juga dibantai. Trus yang cerita siapa? Tentara Salib yang desersi?

Perang Salib memang bagian dari sejarah, tapi cerita April Mop apakah juga bagian dari sejarah? Cukuplah seseorang itu dianggap pendusta bila ia menceritakan kembali semua yang didengar tanpa verifikasi terlebih dulu (tabayyun).

Terlepas bener tidaknya cerita di atas, April Mop bukanlah tradisi yang baik. Tidak pantas untuk diikuti.

Untuk hal ini saya memang mengutipnya dari pesan yang masuk ke email saya pada suatu pagi.

Saya tidak tau apakan itu Hoax atau bukan, kalo memang ini Hoax anggap saya ini hanya tulisan yang tidak ada maksud apa-apa.

Terus terang saya tidak bermaksud mendiskreditkan suatu agama lain dengan tulisan ini.

Terima kasih.

Itulah payahnya bila anak bangsa ini (yang mayoritas muslim)tidak tahu sejarah mereka hanya bisa ikut ikutan tapi tulisan tentang Spanyol itu memang demikian adanya ! mungkin sejarah itu tidak akan diketahui bila itu ditutupi secara sistematis tetapi manakala orang itu telah beranjak well educated dia akan penasaran mencari tahu akan sejarah itu karena kita memang berasal dari sejarah.Pasus pernah minta maaf pada orang Yahudi atas perlakuan umatnya dahulu di Spanyol tapi tapi pada umat Islam tidak ! mengapa demikian ? ya hanya dia yang tahu apa yang ada dikepalanya!

Salam

Maksud saya Paus

Kalo saya sih cenderung percaya berita ini memang benar. Hal ini kalo melihat kebiadaban yang di lakukan di Poso terhadap umat Muslim.

Cuman ya tstlah. Kalo umat Islam yang di bantai habis-habisan tertutup rapat-rapat. Tapi kalo orang ini kena bom di pasar, beritanya bisa sampai ke luar angkasa.

Ginilah kalo teknology informasi dikuasai oleh mereka. Akankan kita diam saja….???

Bukan saya membanggakan diri tetapi saya mendalami sejarah orang Vissigoth di semenanjung Iberia itu, baik sebelum kaum Moslem datang, sesudahnya dan hingga pembasmiannya habis habisan.

sayang hingga saat ini masih banyak sekali yang masih ditutupi karena teknology informasi dikuasai oleh mereka.
tapi diantara yang menutup nutupi ada pula yang jantan seperti Edward Gibbon “Decline And Fall of Roman Empire salah satu contohnya

salam

Kalau kaum moslem salah sampai keujung langitpun tahun tapi kalau yang diluar salah dan kita ungkapkan bunyi nya sama “Hari hati dengan SARA” kalau begitu enak di lu suseh di gue donk?

hmm. td saya buka situsnya darut tauhid. persis sekali sm email yg msk ke km, mgkn tmnmu ngopi dr sana.
@rahmat
Kalau ribuan umat Islam di dalam rumah dibakar hidup2 dan yang di tepi pantai juga dibantai. Trus yang cerita siapa? Tentara Salib yang desersi?…..
bos.. pendek bgt siy cara pikir ente. g’ smua umat islam saat itu terbantai. saya penyuka sejarah. apalagi ttg pkembangan islam dr saat nabi lahir smpe turki usmany.
dlm buku2 y saya bc. waktu granada yg notabene sbg ptahanan muslim terakhir jatuh, umat islam yg tertinggal di spanyol diberi 2 pilihan
1. mningglkn agama Islam dan
2. ditangkap lalu dibunuh
saat itu dengan terpaksa saudara2 kita terpaksa meninggalkn Islam mengikuti kemauan tentara spanyol untuk mcari slamat.walaupun scr sembunyi2mrk msh islam. Nah dr mrekalah cerita pembantaian ini terungkap, selain dr org spanyol sendiri

Kenapa gw cari² sejarah tanggal 1 April 1487 gak ada hasilnya? Keknya ini emang hoax deh… jangan sampe termakan deh ama isu-isu yang gak jelas. Mendingan di cek ulang dulu sebelum nyebarin cerita ini.

kalo menurut gw sih…?? segala perayaan dari umat non muslim itu hukumnya haram untuk diikuti. jangan jadi perpecahan gara-gara kita membela agama mereka. biarlah agama mereka kita sebagai muslim jangan ikut2an yg gak jelas pasti….!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Voip Rakyat

Flickr Photos

Tanggalan

Maret 2007
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Kategori

%d blogger menyukai ini: